Penyakit Langganan di Musim Hujan

Penyakit Langganan di Musim Hujan

Musim penghujan yang cukup panjang di setiap tahun mengakibatkan munculnya penyakit - penyakit tertentu. Berikut ini adalah jenis penyakit yang patut diwaspadai saat musim hujan.

1. Diare

Diare mewabah di musim hujan umumnya karena air minum terkontaminasi oleh kotoran, khususnya air minum yang berasal dari tanah. Ditambah kurangnya personal hygiene atau kebersihan pribadi, maka penyakit ini akan menyebar cepat, khususnya di kalangan anak-anak.

Atasi diare dengan mencuci tangan lebih sering, minum banyak air, khususnya yang mengandung elektrolit dan merebus air minum sampai mendidih benar. Lakukan juga pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

2. Demam Berdarah

Genangan air yang tertinggal setelah hujan menjadi tempat yang menyenangkan bagi nyamuk penyebab demam berdarah untuk berkembang biak. Cegah penyebaran demam berdarah dengan membersihkan genangan air, mengubur sampah yang berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembang biak dan membersihkan wadah air secara teratur. Segera bawa ke rumah sakit jika ada keluarga yang menderita demam berdarah.

3. Leptospirosis

Penyakit ini adalah infeksi oleh bakteri leptospira yang dibawa oleh hewan, terutama tikus. Bakteri beralih dari tikus melewati air kencingnya dan masuk ke dalam tubuh manusia melalui luka-luka kecil pada permukaan kulit. Cegah penyakit ini dengan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah, memakai sepatu yang aman (boots) andai harus menerjang genangan air hujan/banjir.

4. Infeksi Saluran Pernafasan Akut

Radang tenggorokan, flu, batuk, pilek adalah beberapa jenis infeksi pada saluran nafas bagian atas yang disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri yang ada di udara. Atasi dengan cara beristirahat, minum obat sesuai gejala, tutup mulut saat batuk atau bersih, dan tidak meludah sembarangan.

5. Penyakit Kulit

Berbagai penyakit kulit dapat timbul selama musim hujan. Ada yang disebabkan oleh infeksi bakteri, ada juga yang muncul karena alergi. Cegah munculnya penyakit ini dengan menjaga kebersihan kulit, menghindari kontak dengan penderita infeksi dan menghindari pemicu alergi.

6. Penyakit Saluran Cerna

Penyakit yang juga sering muncul pada musim penghujan adalam demam tifoid. Sama seperti diare, penyebab utama adalah kurangnya faktor kebersihan pribadi selama musim penghujan.

Mari kita hindari semua penyakit tersebut dengan meningkatkan kebersihan pribadi dan lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Langganan di Musim Hujan"

Posting Komentar